Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki dua Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Ilmu Pemerintahan. Kedua Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tersebut telah terakreditasi.

 

Visi

Terwujudnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang unggul di wilayah regional Indonesia Timur untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berwawasan kebangsaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional pada tahun 2025.

 

Misi

  1. Mempersiapkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang selaras, serasi dan seimbang bermuara kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menyelenggarakan suatu system pendidikan nasional yang bermoral, berbudi pekerti, sesuai dengan semangat pembukaan UUD 1945.
  3. Mengembangkan sumberdaya manusia yang berwawasan lingkungan, kebangsaan, dilandasi oleh bagimu negeri jiwa raga kami dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Lulusan

  1. Menjadi warga negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa pancasila, kepribadian yang matang dan kecerdasan emosional yang tinggi, bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan serta kemajuan ilmu pemerintahan dan ilmu politik/ilmu komunikasi maupun masalah-masalah yang dihadapi masyarakat khususnya berkaitan dengan keahliannya dalam bidang pemerintahan/komunikasi.
  2. Memiliki kemampuan akademik dan manajerial sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan serta mengembangkan dan memodifikasi iptek yang berbasis pemerintahan/ilmu komunikasi.
  3. Menguasai kaidah dan etika pemerintahan pembangunan dan politik / komunikasi serta mampu merumuskan dan menentukan alternative pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat terutama masyarakat social dan adat yang berada di provinsi NTB.
  4. Memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan pemerintahan / komunikasi yang dimiliki sesuai dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif, inovatif dan pelayanan kepada masyarakat.
  5. Memiliki kemampuan dan penguasaan dalam mengembangkan dan menerapkan pemerintahan pembangunan dan politik, menguasai dan memahami metode dan kaidah ilmiah sesuai bidang keahliannya.
  6. Memiliki kemampuan dan kesiapan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan berdasarkan pada bidang ilmu pemerintahan pembangunan dan politik/komunikasi.
  7. Memiliki kemampuan dan kesiapan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan bersarkan pada bidang ilmu pemerintahan dan politik.

Akreditasi

Prodi Ilmu Komunikasi Terakreditasi B. Nomor:462/SK/BAN PT/Akred/S/XII/2014

Prodi Ilmu Pemerintahan Terakreditasi C. Nomor: 328/SK/BAN PT/Akred/S/V/2015