SEJARAH SINGKAT UNIVERSITAS 45 MATARAM

Universitas 45 Mataram didirikan pada tanggal 1 Agustus 1983 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Yayasan 45 Nomor: 01/Yayasan-45/NTB/1982. Pendirian Universitas 45 Mataram dilandasi oleh tujuan pendirian Yayasan 45 yaitu untuk memajukan serta meningkatkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia, mengembangkan dan memelihara serta meluruskan jiwa, nilai-nilai luhur dan semangat juang 45 melalui pendidikan/pengajaran, menggugah dan mengerakkan semangat perjuangan dan patriotism serta semangat membangun masyarakat dan Negara (pasal 13 Anggaran Dasar Yayasan 45). Lahirnya Universitas 45 Mataram dibidani oleh para tokoh masyarakat NTB antara lain: Gatot Soeherman (Gubernur NTB periode), Drs, Mesir Suryadi, Muhammad Sanusi, H.M. Alwan Wijaya, Rusmiadi, SH., H. Agusfian WAhab, SH., Ir. Abdullah MT, Drs. H. Lalu Azhar, H. Lalu Koeshardi Anggarat, SH., Ir. H. Sakdullah Hamid, M.Aq., Ir. H. Lalu Wardi, MS., Ir. H. Moh. Ali Syahdan, Ir. H. Lalu Makmur Said, MM. dan Ir. H. Muh. Taufiq, M.Sc.

Pada awal berdirinya Universitas 45 Mataram terdiri dari 4 Fakultas dan 6 program studi yaitu:

  1. Fakultas Perikanan terdiri dari 2 program studi yaitu Budidaya Perairan dan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
  2. Fakultas Hukum terdiri dari 2 program studi yaitu Ilmu Hukum dan Masyarakat dan Ilmu Administrasi Negara.
  3. Fakultas Pertanian dengan 1 program studi yaitu Budidaya Pertanian (Agronomi) dan sekarang berganti nama menjadi Agroteknologi
  4. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari 2 program studi yaitu program studi ilmu pemerintahan dan program studi Ilmu Hubungan Masyarakat (Ilmu Komunikasi).

Tiga tahun setelah berdiri, seleuruh Fakultas di Universitas 45 Mataram telah mendapat pengakuan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 0528/O/1986 tanggal 4 Agustus 1986 tentang pemberian status terdaftar kepada Fakultas/Program studi lingkup Universitas 45 Mataram.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dan tututan masyarakat akan kualitas pelaksanaan pendidikan, Universitas 45 Mataram selalu mengikuti ketentuan dan kebijakan yang dilakukan pemerintah (Menteri Pendidikan Nasional), termasuk diantaranya adalah melakukan akreditasi terhadap seluruh program studi di lingkungan Universitas 45 Mataram. Pada tahun 2000 seluruh program studi telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kemudian pada tahun-tahun selanjutnya seluruh program studi selalu melakukan reakreditasi.

Pada akhir tahun 2014 dan awal tahun 2015 seluruh program studi telah direakreditasi oleh BAN-PT. Empat program studi (Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Budidaya Perairan dan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan) mendapatkan akreditasi B dan dua program studi (Agroteknologi dan Ilmu Pemerintahan) mendapatkan akreditasi C.